Senin, 16 April 2012

Menerima Perbedaan (Hanya Untuk Pengantin Baru)

Dikisah dua Insan telah menyempurnakan agamanya dengan melaksanakan sunnah menikah. Seusai upacara pernikahan di rumah mempelai perempuan, sang ayah mertua memanggil menantu barunya ke pojok ruangan untuk memberinya nasihat tentang bagaimana agar pernikahannya awet dan bahagia. Sang Mertua memulai pembicaraan dengan mimik muka menyenangkan.

"Kamu mungkin sangat mencintai anak saya," kata Sang Ayah kepada Si Pemuda.

"Ya, iya doooong....," jawab Si Pemuda mantab.

"Dan kamu mungkin berpikir dialah perempuan paling hebat di dunia," sambung Sang Mertua.

"Dia begitu sempurna dalam segala hal," Si menantu mengiyakan dengan nada kurang sabar.

Sang Mertua berhenti sejenak, menghela nafas, menggeser posisi duduknya sembari memasang raut serius di wajah keriputnya. Wejangan yang sebenarnya pun mulai mengalir.

"Itulah yang kamu rasakan sewaktu baru menikah," kata Sang Mertua. "Namun setelah beberapa tahun, kamu akan melihat kekurangan-kekurangan anak saya. Saat kamu mulai menyadarinya, saya ingin kamu ingat ini: jika dia tidak punya kekurangan-kekurangan itu, Menantuku, dia mungkin sudah menikah dengan orang lain yang jauh lebih baik darimu!"

”Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). (An-Nuur:26)\

Begitulah adilnya dunia. Memang tafsir surat di atas bukan berarti seseorang laki-laki baik PASTI untuk perempuan yang baik. Dan fakta lapangan menunjukkan banyak laki-laki baik beristri perempuan yang tidak sepadan baiknya, begitu pula sebaliknya. Dan bukan berarti hal itu menghalangi ikhtiar untuk selalu menjaga kebaikan diri.

Namun sebagai manusia, di celah-celah kebaikan yang banyak menonjol akan tetap ada kekurangan. Maka kekurangan dan kelemahan ini tidak membatalkan kebaikan mereka yang banyak, sebaliknya menjadi cabaran untuk memperbaiki dirinya. ^_^



lintasberita
3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar